Perpustakaan

 

Awal berdirinya Perpustakaan UMSIDA menempati ruang di kompleks SMA Muhammadiyah Sidoarjo bersamaan dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah pada tahun 1984. Seiring dengan berkembangnya kampus dan jumlah mahasiswa yang semakin banyak. Maka berangsur-angsur UMSIDA benar-benar memiliki perpustakaan idaman dengan menempati gedung baru berlantai 2 di kampus 1 dengan masing-masing lantai seluas 225 m2 dan mulai membuka layanan pagi dan sore.

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen perpustakaan terotomasi dirintis sejak tahun 2001 dimulai dari mengikuti kegiatan Forum Silaturahmi dan workshop Muhammadiyah Digital Library Network (MDLN) yang diikuti oleh salah satu pustakawan UMSIDA. Fasilitas di gedung perpustakaan UMSIDA antara lain ruangan yang ber AC, nyaman, koleksi yang berkualitas yang selalu up to date. Perpustakaan selalu berupaya menyediakan koleksi terbaru dan terus menambah bentuk layanan digitalnya. Selain perpustakaan pusat yang ada di kampus 1, tepatnya Jl. Mojopahot 666 B Sidoarjo, terdapat pula Perpustakaan Fakultas Teknik, Psikologi dan Pertanian yang berada di Kampus 2 di Jl. Raya Gelam 250 Candi Sidoarjo dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Kesehatan kampus 4 yang ada di Jl. Raya Rame Pilang No.04 Wonoayu Sidoarjo. Perpustakaan di tiap-tiap fakultas selain menyediakan informasi yang berkaitan sesuai dengan jurusan masing-masing di tiap kampus juga berupa informasi umum pun disediakan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Jumlah personil perpustakaan sebanyak 12 orang yang mana 1 Kepala Perpustakaan, 10 orang pustakawan dan 1 orang lulusan non perpustakaan. Seluruh perpustakaan baik kampus 1, kampus 2, dan kampus 4 menyajikan layanan terbuka (Open Acces) sehingga mahasiswa dapat mengakses dimana saja dan kapan saja dengan terus melakukan pembenahan dan peningkatan layanan perpustakaan yang terotomasi serta layanan digital.

Total koleksi perpustakaan kampus 4 jurusan kebidanan sebanyak 1720 judul dan 3197 eksemplar.